Skip to content

Perbedaan Buku Nikah Suami dan Istri, Seperti Ini Bedanya!

Perbedaan Buku Nikah Suami dan Istri, Yuk Cari Tahu!/ Sumber Poto minanews.net

Saat tiba waktunya kamu tidak hanya berdiri sendiri tapi berdua. Hal yang biasa kamu lakukan, kebiasaan tidur, makan atau hangout mulai berubah ketika menikah. Status yang tertera pada KTP juga menjadi menikah dari yang tadinya single. Bicara tentang ID card, tahukah kamu apa saja perbedaan buku nikah suami dan istri?

Walau keduanya disebut sebagai buku nikah tapi secara fisik ada perbedaan antara buku nikah milik suami dan istri. Kamu yang saat ini masih single dan ingin masuk ke jenjang hubungan lebih intim bersama pasangan, yuk cari tahu apa saja perbedaan antara buku nikah suami dan istri.

Perbedaan Buku Nikah Suami dan Istri

Perbedaan Buku Nikah Suami dan Istri, Yuk Cari Tahu!/ Sumber Poto minanews.net

Perbedaan Buku Nikah Suami dan Istri, Yuk Cari Tahu!/ Sumber Poto minanews.net

Meskipun sekarang pemerintah sedang melakukan sosialisasi tentang kartu nikah digital, keberadaan buku nikah juga sangatlah penting. Buku nikah dikeluarkan secara legal oleh KUA ketika pria dan wanita resmi menjadi suami dan istri. Kenali sejumlah perbedaan antara buku nikah suami dan istri di bawah ini:

1. Warna

Ketika mendapatkan buku nikah, kamu mungkin penasaran tentang apa saja perbedaan yang tersimpan di dalamnya. Apakah isi buku nikah suami dan istri sama? Atau beberapa pertanyaan lainnya. Benar sekali, buku nikah di Indonesia terbit dalam dua warna yang berbeda yakni warna hijau tua dan merah marun.

Warna merah ditujukkan untuk mempelai pengantin pria sementara buku nikah hijau tua untuk pengantin wanita. Perbedaan warna buku nikah suami dan istri ini telah menjadi regulasi sah yang hingga saat ini masih dipegang teguh oleh pemerintah terutama Kementerian Agama.

2. Perbedaan dengan Kartu Nikah

Selain pertanyaan tentang perbedaan buku nikah, pertanyaan selanjutnya yang banyak diutarakan adalah apa bedanya buku nikah dan surat nikah? Perbedaannya cukup banyak seperti bentuknya. Buku nikah hadir dalam bentuk buku saku yang di bagian body-nya terdapat logo dari Kemenag RI.

Ketika kamu membuka buku nikah secara otomatis kamu akan menemukan foto pasangan suami istri dan informasi data diri termasuk waktu pernikahan. Sedangkan kartu nikah bentuknya lebih menyerupai elektronik KTP dengan tambahan foto dan barcode.

Bagaimana Cara Mengurus Buku Nikah yang Hilang?

Setelah menyimak pembahasan sebelumnya, kamu akan dengan mudah menjawab pertanyaan sederhana seperti buku nikah suami warna apa. Karena jawabannya sudah jelas yakni berwarna merah marun.

Penting bagi pria yang telah menikah untuk menyimpan atau bila perlu membawa buku nikahnya kemanapun mereka pergi. Jika sewaktu-waktu buku nikahmu hilang atau rusak karena satu atau beberapa alasan tertentu maka inilah beberapa cara yang harus kamu lakukan.

1. Siapkan Persyaratan Pengurusan Kehilangan

Pasangan yang ceroboh seringkali menghilangkan surat-surat penting dan berharga tidak terkecuali buku nikah. Padahal isi buku nikah perempuan maupun pria sangat penting karena termasuk dokumen yang disahkan oleh negara. 

Tanpa buku nikah dan kartu nikah, orang-orang akan mempertanyakan status perkawinanmu apakah asli atau rekaan.Persyaratan yang harus kamu siapkan untuk penggantian buku nikah yang hilang cukup banyak. 

Pertama adalah surat keterangan kehilangan yang kamu buat secara sadar dan sukarela di kantor kepolisian setempat. Kedua, siapkanlah kartu identitas suami dan istri terakhir adalah melampirkan pas foto suami istri ukuran 2×3 dengan latar belakang biru.

2. Pergi ke KUA untuk Proses Penggantian

Mengganti buku nikah yang hilang dengan baru sangatlah penting karena isi yang tertulis di dalamnya. Kamu mungkin tidak akan menemukan informasi tentang apa saja kewajiban suami dan istri terlengkap pada buku nikah tapi setidaknya dapat membaca nasihat pengantin.

Buku nikah juga memuat informasi tentang mas kawin maupun mahar, janji suami dan istri dan sebagainya. Supaya buku nikah baru segera terbit, bawalah berbagai persyaratan di atas ke KUA. 

Kamu harus mengunjungi kantor tempatmu mendaftarkan pernikahan. Misalnya kamu menikah di KUA Pasar Kemis maka uruslah penggantian buku nikah di KUA tersebut bukan lainnya.

Penutup

Saat siap menikah artinya kamu telah siap secara fisik dan mental. Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah administrasi pernikahan termasuk jasa KUA untuk penerbitan buku nikah. Usai membaca artikel mengenai perbedaan buku nikah suami dan istri di atas, kamu tidak akan terkejut setelah menerima buku fisiknya.

READ THIS :  Mengenal 5 Cara Mendidik Anak dengan Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.