Mom Shaming Yang Sering Tidak Diketahui Banyak Orang/ Sumber poto pexels-rodnae-productions-8489355
Mom Shaming Yang Sering Tidak Diketahui Banyak Orang/ Sumber poto pexels-rodnae-productions-8489355

6 Mom Shaming Yang Sering Tidak Diketahui Banyak Orang

Diposting pada 0 views

Mom Shaming Adalah tindakan merendahkan , menghakimi atau mencela seorang ibu terkait pola pengasuhan atau keputusan yang di ambilnya.

Tentunyanya bunda pasti sering mendengar kata kata seperti ini, Bunda kok sikecil di gendong terus ya tangan nya kamu kotor loh, bau loh. Atau bun baru lahir anaknya langsung kasih susu formula aja , Padahal kan seperti yang kita ketahui Susu ASI kan lebih baik ?

Bunda udah punya anak kok masih aja tetap bekerja,  Apa gak kasian itu anak nya di tinggal terus setiap hari, Nah hati hati lhoh itu termasuk mom shaming.

Mom shaming sering terjadi ketikan seorang ibu mengkiritik seorang ibu lainnya  Biasanya, kritikan ini terkait metode persalinan yang dipilih, pola pengasuhan anak, soal menyusui, penggunaan susu formula, atau apa pun yang berhubungan dengan anak. Mom shaming biasanya didapat dari orang-orang terdekat, seperti teman, keluarga, bahkan orangtua

Tindakan Mom shaming sering kali tidak di sadari oleh pelakunya, Karena mereka beranggapan hal tersebut adalah hal yang biasa atau wajar.

Hal itu ada kalanya ucapan itu menyakiti prasaan hati seorang ibu, Yuk ketahui lebih lanjut seputar mom shaming

Apa Saja Mom Shaming Yang Sering Tidak Diketahui Banyak Orang

Mom Shaming Yang Sering Tidak Diketahui Banyak Orang/ Sumber poto pexels-rodnae-productions-8489355
Mom Shaming Yang Sering Tidak Diketahui Banyak Orang/ Sumber poto pexels-rodnae-productions-8489355

Bunda bisa simak di bawah ini ya

 

1.Mengkritik pilihan menjadi ibu rumah tangga atau berkarir

Dilemanya menjadi seorang ibu akan dua hal ini , Namun bukan berarti kamu berhak menghakimi dia mengenai pilihannya mau menjadi ibu rumah tangga atau berkarir

2.Mencela pilihan ibu member ASI Atau Susu formula

Salah satu mom shaming yang tidak banyak diketahui orang sering kali dilakukan dengan mengkritik seorang ibu terkait pilihannya memberikan susu asi atau susu formula

3.Mempertanyakan Perkembangan Bayi

Tumbuh kembangnya anak bayi tentunya tidaklah sama dengan anak anak bayi lainnya, Hal ini banyak orang tua yang berkomentar atau menanyakan akan tumbuh kembangnya si bayi.

Misalnya anak kamu belum bisa berbicara padahal usianya sudah 2 tahun, Terus seorang ibu lainnya bertanya ke kamu, Eh bunda anak nya sudah bisa berbicara apa belum, Nah ini juga termasuk mom shaming hal ini akan menyakiti hati seorang ibu.

4.Mengkritik pilihan ibu, Melahirkan secara normal atau secera caesar

Hal ini adalah hak pilihan seorang ibu, Kamu tidak boleh berkomentar akan hal ini dia mau lahiran secara normal atau secara caesar.

Pertama Misalnya seorang ibu yang ekonominya hanyalah pas pasan, Kalau lahiran secara caesar tentunya memakan biaya yang sangat besar.

Kedua misalnya lhoh kok lahiran caesar bun, Kan pinggangnya besar ,ini kok dan bla bla bla lainnya ?

5.Mengkritik pola asuh

Ikut campur dalam hal pola pengasuhan seorang ibu juga termasuk dalam bentuk mom shaming ,Kamu tidak perlu secara berlebihan berkomentar tentang pola asuhnya, Beda halnya kamu memberikan masukan masukkan yang positif

6.Mengomentari tubuh seorang ibu lain

Menyebut terlalu gemuk atau terlalu kurus, Sebaiknya kamu hanya di mintai saran aja baru berkomentar adalah cara yang terbaik , Untuk menghindari mom shaming

Dampak Mom Shaming

Kalimat kalimat itu bisa membuat seorang ibu menyakiti hatinya saat mendengarnya dan bisa membuat kesehatan mentalnya terganggu.

Ibu bisa mengalami stres dan cemas secara berlebihan dan selalu merasa salah tentang apa yang dilakukannya, Akibatnya seorang ibu menyalahkan dirinya sendiri dan bisa membuatnya depresi.

Jadi itulah tadi 6  yang harus kamu ketahui ya, Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang membacanya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *