Skip to content

Mengenal 5 Cara Mendidik Anak dengan Baik

  • by
Mengenal 5 Cara Mendidik Anak dengan Baik / pexels-yan-krukov-8613109

Mempunyai anak yang cerdas dan berkepribadian baik tentunya adalah impian semua orang. Apalagi jika suatu saat ia bisa berhasil meraih mimpi dan bahagia dalam kehidupannya. Ada banyak cara mendidik anak dengan baik yang semestinya diterapkan oleh orang tua.

 

Memang bukan hal mudah untuk mendidik si buah hati, karena dalam prosesnya pasti ada campur tangan emosi, frustasi, tangisan dan sebagainya. Namun, agar bisa menjadikannya semakin baik tentu para orang tua tidak boleh lelah dan terus melakukannya secara pelan-pelan.

 

5 Langkah Cara Mendidik Anak dengan Baik Agar Sukses Dalam Hidupnya

Mengenal 5 Cara Mendidik Anak dengan Baik / pexels-yan-krukov-8613109

Mengenal 5 Cara Mendidik Anak dengan Baik / pexels-yan-krukov-8613109

Sukses yang dimaksud di sini tak hanya soal materi saja, tapi juga berkenaan dengan karakternya yang baik dan sopan kepada orang lain. Jika ia sudah mulai memiliki karakter yang baik, maka kesuksesan pun akan mengikuti.

Ada beberapa langkah yang semestinya Anda ambil untuk mengajarkan kepada buah hati supaya ia bisa menjadi anak yang baik. Berikut ini cara-caranya Cara Mendidik Anak dengan Baik!

1.Pererat Komunikasi Antar Orang Tua dan Anak

Komunikasi adalah hal paling penting dalam sebuah hubungan, terutama hubungan orang tua dan anak. Jadilah pendengar yang baik untuknya sejak kecil, agar saat dewasa kelak ia lebih nyaman mengutarakan perasaan kepada Anda selaku orang tuanya daripada kepada orang lain yang bukan siapa-siapa.

Dengan menjaga komunikasi yang baik dan mempereratnya, maka anak tidak mudah terjerumus ke dalam pergaulan yang negatif. Karena ia akan mendengarkan apapun yang Anda katakan selama itu baik untuknya. Letakkan ponsel, buku, koran atau apapun yang Anda pegang saat anak ingin didengar. Dengan begitu ia akan merasa sangat dihargai.

2.Memberikan Contoh Secara Langsung

Daripada sekedar berteriak dan membentak yang akan membuat emosi Anda semakin naik, hal paling penting dalam cara mendidik anak dengan baik ialah memberikan contoh secara langsung. Misalnya saja dalam kehidupan sehari-hari anak susah sekali membuang sampah pada tempatnya. Nah, di sini Anda harus mengatakan sambil mencontohkan bagaimana cara membuang sampah pada tempatnya.

Jika Anda hanya sekedar mengatakan tanpa memberi contoh langsung, anak akan merasa bahwa orang tuanya tidak adil. Kenapa Anda boleh sementara ia tidak boleh? Dari pemikiran semacam ini, anak akan sering mengabaikan perkataan Anda. Oleh karena itu, contohkan secara langsung agar anak mudah mengerti.

3.Libatkan Anak Dalam Kegiatan Sehari-hari

Banyak orang tua yang enggan melibatkan anak mereka dalam kegiatan sehari-hari hanya karena takut mereka mengacau. Padahal, itu merupakan momen yang tepat untuknya belajar mandiri. Contoh kecil saat mencuci peralatan makan. Anda bisa mengajarkannya bagaimana mencuci peralatan makan miliknya dengan benar kemudian meletakkan ke tempatnya semula.

 

READ THIS :  Ayat Alkitab Tentang Mendidik Anak ? Wajib Di Terapkan

Pastinya Anda tetap membantu sedikit dan mengawasi pergerakan si kecil. Dari hal-hal kecil semacam itu, anak akan belajar tentang artinya tanggung jawab dan kemandirian. Tak perlu memaksa, tapi lakukan secara perlahan dan halus dengan melibatkannya sesekali.

4.Berikan Pemahaman Bahwa Kegagalan Adalah Hal yang Wajar

Di era modern ini, banyak sekali anak-anak yang merasa stres karena mereka mengalami kegagalan. Entah dalam urusan pekerjaan atau pelajaran. Seolah kegagalan adalah suatu aib dan hal yang membuat mereka putus asa. Sejak dini, Anda harus menanamkan dalam di si kecil bahwa kegagalan adalah hal yang wajar.

Alih-alih marah saat ia mendapat nilai jelek, Anda harus lebih menerima dan mengatakan padanya bahwa tidak apa-apa gagal untuk sesekali. Asalkan si kecil sudah berusaha dengan seluruh kemampuannya. Hibur ia dan katakan bahwa gagal adalah hal yang dibutuhkan supaya dirinya bisa berkembang jadi lebih baik.

5.Membiasakan Anak Untuk Menentukan Pilihan Sendiri

Mendikte anak untuk memilih ini dan itu sesuai keinginan orang tua hanya akan membuatnya menjadi sosok yang tidak memiliki inisiatif saat besar nanti. Oleh karena itu, sedari kecil orang tua harus membiasakan anak untuk memilih sendiri apapun yang mereka inginkan selama itu hal wajar dan bisa Anda penuhi.

 

Contoh kecil ialah membiarkan ia memilih satu di antara dua baju yang akan ia kenakan. Bisa juga memilih satu di antara dua makanan yang benar-benar dia mau tanpa mengambil keduanya atau menentukan makanan mana yang boleh dia makan oleh Anda. Dengan begitu, ia akan terbiasa berpikir dan melakukan inisiatif sendiri serta tahu apa yang lebih ia inginkan suatu saat nanti.

 

READ THIS :  Cara Rosul Mendidik Anak ? Seperti Ini 6 Cara Rosul

Cara mendidik anak dengan baik tak hanya sampai di sana saja, tapi ada banyak lagi cara lainnya yang harus Anda lakukan. Bukan hal mudah, tapi setidaknya Anda harus mencoba terus dan bersabar dalam setiap proses.

Leave a Reply

Your email address will not be published.