Skip to content
Home » Dad Shaming Waspadai Depresi Ini Akibatnya

Dad Shaming Waspadai Depresi Ini Akibatnya

Dad Shaming Waspadai Depresi / Sumber Poto pexels-sasha-kim-8430532

Dad Shaming Menjadi seorang ayah bukanlah hal yang mudah. Terkadang, seorang ayah dapat
merasakan dad shaming yang dapat menyebabkan depresi.

Dad shaming bisa terjadi akibat kritik tajam yang diberikan orang-orang terdekat mengenai pola asuh yang diterapkan. Studi yang dilakukan oleh Rumah Sakit Anak C. S. Mott di University of Michigan menemukan fakta bahwa sekitar 52 persen ayah yang diikutsertakan dalam penelitian mengaku pernah mengalami
dad shaming.

Dad Shaming Waspadai Depresi Akibat

Dad Shaming Waspadai Depresi / Sumber Poto pexels-sasha-kim-8430532

Dad Shaming Waspadai Depresi / Sumber Poto pexels-sasha-kim-8430532

Dad shaming menyerang self-esteem dan emosional seorang ayah. Oleh sebab itu, hal tersebut bisa memberikan dampak kepada si ayah; ia jadi menyalahkan diri sendiri, enggan untuk kembali berpartisipasi dalam pengasuhan, dan tidak percaya diri dalam mengasuh anak.

Tidak hanya itu, dad shaming juga bisa menimbulkan efek buruk jangka panjang. Efek jangka panjang yang bisa terjadi akibat dad shaming adalah depresi.

Jika kata-kata buruk yang diterima ayah terus dihayati, maka akhirnya dapat menyebabkan depresi. Tapi, hal itu tidak selalu pasti depresi; ada yang juga yang hanya mengalami stres saja.

Rasa malu akibat dad shaming dapat pula membuat individu merasa bahwa dirinya tidak diterima atau tak layak sebagai manusia.

Perasaan tersebut dapat membuat ayah kekurangan waktu tidur, juga kehilangan nafsu makan. Mereka pun menjadi mudah tersinggung, sering sakit, dan rentan terhadap penyalahgunaan obat-obatan atau alkohol.

Cara Memerangi Dad Shaming

Salah satu cara untuk melawan dad shaming adalah dengan mencari support system yang dapat memberikannya dukungan dalam hal parenting.

Support system itu sendiri bisa berasal istri, atau ayah dan ibu kandung. Tidak apa-apa jika pernah melakukan kesalahan, apalagi anak pertama.

READ THIS :  Inilah 6 Cara mendidik Anak yang Baik dalam Keluarga

Hal yang penting adalah memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan dalam mengasuh anak. Kemudian, berhenti untuk membanding diri dengan ayah yang lain.

Jadi itulah tadi semoga artikel ini Dad Shaming  bermanfaat ya , Jangan lupa jika bermanfaat silahkan kamu share atau bagikan ke teman ibu ibu lainnya agar saling memberikan manfaat khusus nya seseama orang tua ya

Artikel ini sudah tayang di instagram @talkparenting

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.