Skip to content
Home » 4 Cara Mendidik Anak yang Nakal dan Susah Diatur Terbaik

4 Cara Mendidik Anak yang Nakal dan Susah Diatur Terbaik

Cara mendidik anak yang nakal dan susah diatur ? Sumber Poto pexels-august-de-richelieu-4260102

Memiliki anak yang nakal dan susah diatur memang tak bisa dimungkiri menjadi tantangan yang tidak mudah bagi setiap orang tua. Terlebih, sebab mereka jadi nakal dan suka melawan orang tua bisa bermacam-macam.

Tak heran, topik tentang cara mendidik anak yang nakal dan susah diatur bakal terus popular sepanjang masa.

Cara Mendidik Anak yang Nakal dan Susah Diatur

Cara mendidik anak yang nakal dan susah diatur ? Sumber Poto pexels-august-de-richelieu-4260102

Cara mendidik anak yang nakal dan susah diatur ? Sumber Poto pexels-august-de-richelieu-4260102

Ada banyak sekali metode untuk mendidik anak yang nakal dan susah diatur. Nah, pada artikel ini kami ingin menyajikan 4 cara mendidik anak yang susah diatur versi kami. Apa saja, ya?

1. Identifikasi Permasalahan yang Dialami Anak

Karena penyebab anak nakal dan susah diatur itu bisa bermacam-macam, maka ada baiknya terlebih dahulu Parents mencari tahu mengapa mereka bersikap begitu. Barulah jika ketemu permasalahannya, Anda bisa menentukan solusi. Jika Anda kesulitan, bisa kok berkonsultasi dengan ahlinya!

2. Buat Aturan yang Tegas dan Terapkan Sistem Reward Jika Berkenan

Apa yang harus kita lakukan jika ada anak yang nakal? Salah satu cara jitu yang mungkin bisa Parents coba yakni membuat aturan tegas kepada anak, di mana mereka akan dapat hukuman jika melanggar.

Cara ini memang umum digunakan dan dalam pengaplikasiannya mungkin harus hati-hati agar anak nantinya bisa terbiasa dengan aturan yang ada, hingga mereka dapat menerapkan aturan atas kesadaran penuh.

Jika mau, Anda juga boleh menerapkan reward dalam aturan yang ada. Hal ini agar anak punya motivasi lebih untuk mematuhi aturan. Penerapan reward juga harus bijaksana agar selanjutnya anak bisa mematuhi aturan secara ikhlas tanpa mengharap imbalan. 

3. Biarkan Anak Merasakan Sendiri Konsekuensi dari Kenakalannya

Hal ini agar anak bisa merasakan sendiri bahwa apa yang ia lakukan berdampak tidak baik untuknya. Misal, anak yang suka berlari-lari di dalam rumah tapi tidak mau diam, maka biarkan saja. Apabila ia terjatuh atau terkena benda keras, ia akan merasakan sakit dan kemungkinan tidak akan mengulanginya lagi.

Namun, Anda lebih baik membiarkan anak hanya jika kenakalannya tidak menimbulkan dampak yang benar-benar serius, ya!

4. Evaluasi Pola Asuh Setiap Saat

Apa penyebab anak nakal dan susah diatur? Bisa jadi karena pola asuh Parents yang kurang cocok dengan anak. Hanya karena saat usia balita, anak-anak yang semula nakal menjadi penurut, tidak menjamin ke depannya ia akan mempertahankan sifat ini. Terlebih jika anak sudah mulai menginjak usia remaja dan dewasa.

Oleh karena itu, Anda harus senantiasa mengevaluasi pola asuh. Perbedaan usia anak tentu membutuhkan pola asuh yang berbeda.

Penutup

Setelah membaca artikel tentang 4 cara mendidik anak yang nakal dan susah diatur di atas, tentunya Parents kini telah memiliki pilihan yang bisa dicoba. Apakah Anda juga punya cara jitu lainnya?

 

READ THIS :  Cara Mendidik Anak yang Baik Tanpa Kekerasan, Wajib Tahu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.