Skip to content
Home » Cara Mendidik Anak yang Malas Belajar, Wajib Diketahui!

Cara Mendidik Anak yang Malas Belajar, Wajib Diketahui!

Cara mendidik anak yang malas belajar ? Sumber Poto pexels-ksenia-chernaya-4740574

Setiap orangtua mestinya ingin anak yang pintar dan cerdas. Salah satu caranya adalah dengan membuatnya rajin belajar. Tapi, bagaimana jika ia sangat malas belajar? Jika ingin mengatasinya, setiap orangtua wajib tahu bagaimana cara mendidik anak yang malas belajar dan berhenti dari kebiasaan malasnya. 

Namun, ada baiknya untuk tahu dulu alasan kenapa anak malas belajar sebelum terburu-buru menasehati ataupun memarahinya. Mungkin saja ada beberapa hal yang membuatnya tidak suka seperti tidak berminat pada pelajaran tertentu atau punya minat di bidang lain. 

Cara Mendidik Anak yang Malas Belajar

Cara mendidik anak yang malas belajar ? Sumber Poto pexels-ksenia-chernaya-4740574

Cara mendidik anak yang malas belajar ? Sumber Poto pexels-ksenia-chernaya-4740574

Setelah diketahui penyebabnya, barulah sebagai orangtua Anda bisa melakukan beberapa langkah atau cara untuk mengatasi kebiasaan malas belajarnya. Cek cara berikut: 

1. Ketahui Gaya Belajar Anak

Cara mengatasi anak TK susah belajar pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui bagaimana gaya belajarnya terlebih dahulu. Setiap orang pasti mempunyai gaya belajar masing-masing. 

Ada yang menggunakan gaya belajar visual, auditori, dengan membaca, menulis, dan ada juga anak dengan gaya belajar kinestetik. Jika ia terus dipaksa belajar tanpa tahu bagaimana gaya belajar favoritnya, anak akan terus terjebak dalam kebiasaan malasnya. 

2. Sediakan Fasilitas Belajar yang Memadai

Anak yang malas belajar bisa saja disebabkan karena fasilitas belajar yang kurang memadai. Maka dari itu, para orangtua wajib memastikan alat-alat yang dibutuhkannya sudah sepenuhnya disediakan. 

Para orangtua wajib menyediakan pensil, lampu belajar, meja belajar, rak buku, dan lain sebagainya. Ini merupakan cara membuat anak semangat belajar karena ia tak perlu lagi kebingungan ketika membutuhkan alat belajar tertentu. 

3. Ketahui Bidang yang Menjadi Minatnya

Setiap orang terlahir spesial, minat dan bakat individu jelas berbeda. Termasuk juga dalam diri anak. Ia malas belajar bisa jadi karena tidak menyukai atau tidak minat untuk mempelajari bidang tertentu. 

Di sisi lain, ia mungkin sangat menyukai atau sangat berminat mempelajarinya. Jika anak tidak berminat belajar matematika, dipaksa seperti apapun ia akan tetap malas. Beda jika ia sangat menyukai musik. Tanpa perlu disuruh, biasanya anak akan belajar dengan sendirinya. 

Jadi, bagaimana meningkatkan minat belajar anak yang paling tepat? Tentu saja dengan mengetahui bidang apa yang benar-benar diminati olehnya. 

4. Buat Lingkungan Rumah Kondusif

Anak bisa sangat malas belajar ketika tahu bahwa kondisi di rumahnya sering tidak kondusif. Entah karena terlalu ramai, terlalu banyak gangguan, dan lain sebagainya. Tidak hanya di rumah, bahkan sekolah juga bisa jadi tempat yang kurang kondusif untuk belajar. 

Maka dari itu, para orangtua wajib mengetahui bagaimana lingkungan belajarnya. Sebisa mungkin, selalu berikan ia lingkungan yang sangat tepat untuk belajar. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang susah belajar. Dengan begitu, para orangtua wajib mengetahui penyebabnya dulu dan jangan pernah buru-buru menceramahinya. 

READ THIS :  21 Methods To Put together For Fatherhood, From Parenting Specialists

Leave a Reply

Your email address will not be published.