Skip to content
Home » Cara Membatasi Tontonan Anak Di Youtube Atau Tivi

Cara Membatasi Tontonan Anak Di Youtube Atau Tivi

Cara Membatasi Tontonan Anak Di Youtube ? Sumber Poto pexels-oleksandr-pidvalnyi-13292120

Cara Membatasi Tontonan Anak Di Youtube bagi anak menonton memanglah sangat menghibur dirinya , Akan tetapi orang tua harus dan wajib membatasi nya ?

Ada beberapa langkah yang wajib orang tua ketahui , Kamu bisa menerapkan berikut langkah langkah di bawah ini

Cara Membatasi Tontonan Anak Di Youtube Atau Di Tivi

Setelah membaca artikel ini adakalanya kamu harus segera menerapkan beberapa tips ini agar kelak tidak akan menjadi kecanduan si anak menonton youtube atau televisi

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Menonton Tv

Cara Membatasi Tontonan Anak Di Youtube ? Sumber Poto pexels-oleksandr-pidvalnyi-13292120

Cara Membatasi Tontonan Anak Di Youtube ? Sumber Poto pexels-oleksandr-pidvalnyi-13292120

1.Pertimbangkan

Durasi Anak usia empat tahun punya rasa ingin tahu yang tinggi. Pada usia tersebut, ia akan lebih aktif dan sulit berdiam diri. Nah, mengingat kondisi tersebut, atur durasi yang tidak terlalu lama untuk menikmati tontonan dari televisi maupun gawai.

Hal tersebut perlu dilakukan agar pengetahuan menyeluruh termasuk membangun kemampuan kognitif dan motorik tetap imbang. Untuk anak yang berusia di bawah 18 bulan, tidak disarankan untuk mengganti komunikasi dua arah dengan orangtuanya.

2.Pilih tontonan yang mengasah daya kreativitas anak

Sebelum memperbolehkan atau memberi kesempatan kepada anak untuk menonton tayangan televisi, baiknya orang tua melakukan riset terlebih dahulu. Sebisa mungkin, dampingi anak saat menonton tayangan. Pilih konten yang berkualitas terlebih mengasah daya kreativitas anak.

3.Manajemen waktu

Ini kerap kali terlewat ketika memilih tontonan untuk anak. Saking asiknya berada di depan layar hingga luput hal penting yang perlu dialami oleh anak sejak dini. Misalnya belajar bersosial dengan keluarga, lingkungan sekitar, dan teman-teman bermainnya.

4.Pilih tontonan yang beri efek positif

Misalnya tontonan bertema kemanusiaan dan lingkungan bisa memberikan dampak positif pada anak. Dengan memberikan tontonan yang bisa ‘membangun’ karakter anak, maka orang tua bisa memanfaatkannya sebagai media tambahan untuk pembelajaran.

READ THIS :  Dampak Membandingkan Anak ,Jangan Anggap Remeh Ini Efeknya

Selain mendapatkan mata pelajaran di sekolah, anak juga membutuhkan hiburan. Nah, orang tua boleh memilih tontonan televisi sebagai hiburan yang bermuatan positif

Didampingi Tayangan televisi yang bermutu menyokong perkembangan anak.

Berdasarkan studi, menonton acara televisi dan media lainnya bersama orang tua bisa membuat anak semakin kaya kosakatanya. Dengan dibersamai atau didampingi, anak juga akan merasa lebih dekat dengan orang tuanya. Orang tua juga bisa mengidentifikasi serta mengenali minat dan bakat anak lewat bercengkerama bersama.

5.Tontonan yang membuka wawasan

Banyak sekali pilihan tayangan televisi berbayar yang bisa membuka wawasan anak. Bentuknya bisa discovery atau film animasi. Yang pasti, orang tua perlu menyortir mana tontonan yang membuat anak semakin kreatif dan mana yang tak mengandung konten positif

 

Jadi itulah 5 tips Cara Membatasi Tontonan Anak Di Youtube dari kami semoga bermanfaat ya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.